Sunday, June 1, 2008

Flow (?)

Kawan saya seorang psikolog sekaligus akademisi berkata, flow adalah keadaan dimana tidak ada lagi jarak antara si pembaca & bacaannya. Si pembaca seakan-akan menyatu atau hanyut dalam bacaannya.
Banyak hal yang mempengaruhi hidup seseorang, termasuk buku-buku bacaan. Buku Scouting for Boys diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Memandu untuk Putra. Sejak membacanya di sekretariat Astacala kurang lebih 12 tahun lalu, buku lawas itu belum pernah saya temukan lagi.

Dahulu saya juga seorang anak
Masa-masa terbaik saya sebagai seorang anak adalah ketika saya bersama empat orang saudara laki-laki saya menjadi pandu laut dan menjelajah pantai-pantai Inggris. Bukan pandu laut yang sebenarnya, karena di masa itu, pandu laut belum ada. Tetapi saat dimana kami berlayar dengan perahu kami yang kami diami & menjelajah, pada segala cuaca dan semua musim, dan kami menikmati segala sesuatu untuk kami terima dengan gembira....
Ya, saya benar-benar menikmati hidup yang seperti ini, dan saya berfikir, “ Mengapa anak-anak yang di rumah tidak menikmati hidup yang seperti ini juga?” Saya tahu bahwa tiap-tiap anak laki-laki yang berdarah merah gemar akan petualangan dan hidup di alam terbuka,.....
Kapten John Smith adalah seorang yang selalu riang gembira, bahkan anak-anak yang pernah mendengarkan ceritanya selalu terheran-heran kepadanya, karena ia selalu tertawa ketika menceritakan pengalaman kesulitan-kesulitan yang pernah dihadapinya sekalipun. Seandainya Kapten John Smith bukan orang yang selalu gembira, maka tidak separohnya pun kesulitan-kesulitan yang dapat dihadapinya....
(Scouting for boys, Lord Badden Powell)

No comments: