Monday, June 11, 2007

Inspirasi

Kerendahan Hati
Kalau Engkau tak sanggup menjadi beringin yang tegak diatas bukit, jadilah saja belukar, tetapi belukar yang terbaik yang tumbuh di tepi danau....
Kalau Engkau tak sanggup menjadi belukar, jadilah saja rumput, tetapi rumput yang memperkuat tanggul di pinggiran jalan....
Kalau Engkau tak sanggup menjadi jalan raya, jadilah saja jalan kecil, tetapi jalan setapak yang membawa orang ke mata air....
Tidak semua orang menjadi Kapten, tentu ada awak kapalnya....
Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi rendahnya nilaidirimu....
Jadilah saja DIRIMU, sebaik-baik DIRIMU SENDIRI. (Wanadri-0041-Siwa)
Mandalawangi Pangrango
Senja ini, ketika matahari turun kedalam jurang2mu aku datang kembali kedalam ribaanmu, dalam sepimu dan dalam dinginmu
walaupun setiap orang berbicara tentang manfaat dan guna aku bicara padamu tentang cinta dan keindahan
dan aku terima kau dalam keberadaanmu seperti kau terima daku
aku cinta padamu, Pangrango yang dingin dan sepi
sungaimu adalah nyanyian keabadian tentang tiada
hutanmu adalah misteri segala cintamu dan cintaku adalah kebisuan semesta
malam itu ketika dingin dan kebisuan menyelimuti Mandalawangi
Kau datang kembali dan bicara padaku tentang kehampaan semua
"hidup adalah soal keberanian, menghadapi yang tanda tanya "
tanpa kita mengerti, tanpa kita bisa menawar 'terimalah dan hadapilah
dan antara ransel2 kosong dan api unggun yang membara aku terima ini semua
melampaui batas2 hutanmu, melampaui batas2 jurangmu
aku cinta padamu Pangrango karena aku cinta pada keberanian hidup
Jakarta 19-7-1966 (Soe Hok Gie)

Do'a Seorang Ayah
Tuhanku, bentuklah puteraku menjadi manusia yang cukup kuat untuk mengetahui, manakala ia lemah.
Dan cukup berani menghadapi dirinya sendiri, manakala dia takut.
Manusia yang bangga dan teguh dalam kekalahan, jujur dan rendah hati kemenangan.
Bentuklah puteraku menjadi manusia yang hasrat-hasratnya tidak menggantikan yang mati, putera yang selalu mengetahui Engkau, dan insyaf bahwa mengenal dirinya sendiri adalah dasar dari ilmu pengetahuan.
Tuhanku, aku mohon agar jangan kau bimbing dijalan yang mudah dan gampang, tetapi bimbinglah di bawah desakan kesulitan tantangan hidup.
Didiklah puteraku supaya tegak di tengah badai serta berbelas kasih terhadap mereka yang jatuh. Bentuklah puteraku supaya menjadi manusia yang berhati jernih, dengan cita-cita meninggi langit. Seorang yang sanggup memimpin dirinya sendiri sebelum memimpin orang lain. Putera yang menjangkau masa depan namun tidak pernah melupakan masa lampau. Dan setelah itu menjadi miliknya, aku mohon agar puteraku juga diberi rasa humor, agar dia dapat bersungguh-sungguh tanpa menjadi terlampau serius. Berilah dia juga kerendahan hati agar dia dapat selalu ingat pada kesederhanaan sebagai sumber keagungan hakiki, kearifan dan kelembutan sebagai sumber kekuatan asli. Dengan demikian maka, aku ayahnya, akan memberanikan diri dan berbisik :"Hidupku tidak sia-sia". (Douglas Mac Arthur)

1 comment:

Anonymous said...

Bagus banget, matur tengkyu ya Mas