Wednesday, May 2, 2007

Ingatan semasa kecil

At Thu, 12 Jun 2003 15:12:02 +0700, I wrote :
....Nyonya muda Cina istri pemilik toko kelihatan sibuk memilih-milih kertas bahan mercon sambil meneteki anaknya. Tanpa disadari dibiarkannya bagian yang dari tadi selalu ditutupinya. Terkesiap aku melihatnya. Tak berlangsung lama segera disadarinya hal itu, aku yang melihat jadi malu, mukaku mungkin memerah.Sejak itulah tanpa menunggu disuruh pun aku sudah berangkat membeli kertas bahan mercon ke toko itu, begitu persediaan menipis.
Menjelang lebaran karena sudah jadi langganan, aku mendapat hadiah kueh ranjang dari pemilik toko. Lebaran pun tiba, kami merayakan kegembiraan. Selang beberapa hari, toko2 yang tutup sudah mulai buka. Rasanya tak sabar aku ingin belanja ke toko Cina itu lagi, tentu ingin ketemu nyonya toko. Kukayuh sepeda. Betapa kecewanya aku toko itu masih tutup. Esoknya aku ke toko itu lagi, aku coba mencari2 petunjuk. Di toko itu cuma ada tulisan Ling Ling. Dari ujung gang kudengar nyanyian seorang anak kecil. "Ling...ling...mari pulang ke negri Cina.".....
(Dikutip dengan kurang lebih dari sebuah ingatanku semasa kecil dulu di Semarang, dari cerpen Mercon di koran Bahari Semarang, sekitar tahun 80-an, terlintas ketika kudengar seorang kawan atau sahabat pergi ke negeri yg jauh)

No comments: